ISTILAH SISTEM JARINGAN

  • Posted: 19.33
  • |
  • Author: ray81

Ø LAN(Local Area Network)=merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.LAN serimgkali digunakan untuk menghubungkan computer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya.
Ø MAN(Metropolitan Area Network)=pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang jaraknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta)atau umum MAN mampu menunjang data dan suara,bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.
Ø WAN(Wide Area Network)=jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas,seringkali mencakup sebuah Negara bahkan benua.WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan unyuk menjalankan program-program (aplikasi)pemakai.
Ø HUB=perangkat penghubung computer-komputer dalam jaringan LAN kepada server,terutama pada jaringan dengan bentuk STAR. HUB memiliki banyak port dan tiap port diisi oleh satu computer.
Ø REPEATER=alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan yang sama dengan sinyal asli pada segmen(satu atau lebih)kabel LAN yang lain.Dengan adanya repeater ini jarak antar jaringan computer dapat dibuat lebih jauh.
Ø ROUTER=Perangkat computer yang dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan internet.ini juga berarti mencarikan alternative jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internaet.
Ø BRIDGE=Perangkat yang dipergunakan untuk menghubungkan beberapa buah segmen jaringn computer(LAN)yang sama ataupun berbeda.
Ø TCP/IP(Tranmission Control Protocol/Internet Protocol)= sekelompok protocol yang mengatur komunikasi data computer di internet.dengan TCP/IP ini perbedaan system oprasi pada masing-masing computer yang terhubung tidak menjadi masalah.komputer dengan system oprasi windows dapat berkomunikasi dengan computer macintosh atau Sun SPARC yang menggunakan solaris.
Ø INTERNET LAYER=bertanggung jawab untuk komunikasi antara mesin.layer ini meng-engkapsul paket dari transport layer kedalam IP datagrams dan menggunakan algoritma routing untuk menentukan kemana datagram harus dikirim.masuknya datagram diproses dan diperiksa kesahannya sebelum melewatinya pada transport layer.
Ø NETWORK INTERFACE LAYER=merupakan interface pengguna dengan layer OSI lainnya,di layer inilah aplikasi-aplikasi jaringan berada seperti e-mail,ftp,http dan lain sebagainya,Tujuan dari layer ini adalah menampilkan data dari layer dibawahnya kepada pengguna.
Ø HACKING=mempelajari sesuatu dengan keingintahuan (curiosity)yang tinggi,ngutak-ngatik sesuatu sampai dalamannya.
Ø CRACKING=Mendobrak system karena celah kelemahan sudah diketahui.
Ø HACKER=Istilah untuk menyebut seseorang yang merusak system orang lain untuk sekedar iseng(tidak merasa bersalah)tanpa memperoleh apapun dari tindakannya tersebut.
Ø CRACKER=Orang yang memaksa masuk ke satu system computer secara illegal.terkadang cracker mengganggu dan menimbulkan kerusakan pada system yang dimasuki.
Ø SECURE SOCKET LAYER=suatu bentuk penyandian data sehingga informasi rahasia seperti no kartu kredit atau control autentikasinya tidak dapat dibaca atau dI akses oleh pihak lain selain pemiliknya dan server(pemilik servis).
Ø INTERNET BANKING=merupakan produk layanan perbankan berbasis teknologi internet yang memberikan kemudahan melakukan berbagai transaksi perbankan secara on line.
Ø SMS BANKING=merupakan produk layanan perbankan berbasis teknologi seluler yang memberikan kemudahan melakukan berbagai transaksi perbankan
Manfaat:
· Transaksi kapan dimana saja
· Pendaftaran gratis di seluruh cabang
· Biaya transaksi murah

Ø ELEKTRONIC COMMERCE=Website yang digunakan untuk berdagang atau bisnis.
Ø E-GOVERNMENT=Website yang berisi tentang pemerintah baik pusat maupun daerah dalam dunia maya/internet.
Ø CYBERLAW=Website yang berisi tentang hukum dan tatakrama dalam dunia maya/internet.
Ø GOVERNMENT TO CITIZEN=Komunikasi pemerintah dengan warga Negara.
Ø KRIPTOGRAFI=secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiahan berita.selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data,keabsahan data,integritas data,serta autentikasi data.tidak semua aspek keamanan informasi ditangani oleh kriptografi.

0 people have left comments

Commentors on this Post-