Pengertian Niat

  • Posted: 18.57
  • |
  • Author: ray81

Niat – menurut arti kata – berarti maksud , dan - menurut pengertian Syara – berarti maksud melakukan ibadah semata – mata karena Allah SWT. Ini adalah ikhlas , karena ibadah itu mengikhlaskan amal secara total semata – mata karena Allah SWT. Firman Allah SWT :

( وَمَا أُمِرُوا اِلاّ لِيَعْبُدُوا اللهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِينَ ) البـيّنة : 5
Dan tidaklah mereka diperintah kecuali agar mereka beribadah kepada Allah dengan mengikhlaskan( ketaatan )agama semata-mata karena – Nya.
Dan sabda Nabi saw :
" إِنّما الأَعْمالُ بالنِـيّةِ " رواه الأئمّة الستّتة
Semua amal perbuatan itu hanyalah tergantung kepada niat ( keikhlasan )

Dalam kaitan ini imam Mawardiy mengatakan bahwa – menurut para ulama – ikhlas itu adalah niat . ( Al-Fiqhul Islamiy : 1 / 611 ). Niat atau maksud ini didalam hati , sama sekali tidak ada kaitannya dengan pengucapan lisan. Abu Huraiah mengatakan:

" كان رسولُ الله r إِذَا قامَ إِلى الصَّلاةِ يُكَبِّرُ حِينَ يَقُومُ " متفق عليه
Rasulullah saw apabila melakukan shalat beliau bertakbir tatkala berdiri.

Hadits ini menegaskan bahwa Nabi saw tidak mengucapkan apa – apa kecuali takbir.
Adapun pengucapan niat yang sekarang masih membudaya – menurut imam Mawardiy – berasal dari kesalahan sebagian orang dalam memahami perkataan Imam Syafi’iy :" Tidak shah shalat kecuali dengan pengucapan ". Mereka mengira bahwa pengucapan disini pengucapan niat , padahal maksud Imam Syafi’iy pengucapan Takbirotul ihrom " الله أكبر " lain tidak. ( Al- majmu’ : 3 / 232 ).
oleh : K.H. Moch. Syihabudin Muhsin (Rohimahulloh)

0 people have left comments

Commentors on this Post-