Sujud dan bacaannya.

  • Posted: 19.14
  • |
  • Author: ray81

Kemudian Nabi saw. Bertakbir sambil meluncur sujud tanpa mengangkat kedua tangannya ( HR. Bukhoriy). Beliau meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya, kemudian dahinya dan hidungnya (HR. Ashhabus Sunan).
Beliau membuka kedua telapak tangannya dan meletakkannya dibawah kedua bahunya atau dibawah kedua telingannya. (HR. Abu Daud-Tirmidziy-Nasaiy). Beliau menghadapkan jari-jari kedua kakinya kearah Qiblat. (HR.Bukhoriy-Abu Daud), serta merenggangkan antara kedua kakinya kira-kira sejengkal.(HR.Abu Daud-Baihaqiy). Dalam sujudnya beliau membaca:
1. سُبْحَانَ ربّيَ الأعْلى. (رواه مسلم وأ صحاب السنن).
وفي رواية أحمد وأبي داود وابن ماجه وغيرهم "ثلاثَ مرَّاتٍ".
2. سُبُّوحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ الملائكةِ وَالرُّوْحِ (رواه مسلم وأبوداود وأبوعوانة)
3. سُبحانَكَ اللّهمَّ ربَّنَا وبِحَمْدِك اللّهمَّ اغْفرلي (رواه البخاري ومسلم).
4. سبحانَكَ اللّهمَّ وبِحَمْدِكَ، لاإلهَ إلاّ أنْتَ (رواه مسلم وأحمد والنسائي).
5. اللّهمَّ اغْفِرْلي ذَنْبِي كُلَّه، دِقَّه وجِلَّه، وأوَّلَهُ وَآخِرَهُ، وعَلانِيتَه وسِرَّهُ.(رواه مسلم وأبو داود)
Dalam sujud ini kita diharuskan memperbanyak do’a. Nabi saw bersabda:
"أَقْرَبُ مايكونُ العبدُ من ربِّه وهو ساجدٌ، فأكْثِرُوا الدُّعاءَ".(رواه مسلم وأبوداود والنسائى).
Keadaan seorang hamba yang paling dekat kepada Tuhannya apabila ia sedang sujud, maka perbanyaklah do’a (dalam sujud itu).

Kemudian Nabi saw mengangkatkan kepalanya (dari sujud) sambil bertakbir tanpa mengangkatkan kedua tangannya dan duduk dengan cara iftirosy, yaitu duduk pada telapak kaki kirinya, sementara kaki kanannya ditegakkannya serta ujung jari-jarinya dihadapkannya kearah qiblat. (HR. Bukhoriy - Muslim dan Nasaiy ) (زاد المعاد :1/ 238 – صفة صلاة النبي :151 )
Dalam duduk ini beliau membaca :
رَبِّ اغْفِرْ لِي، ربِّ اغْفِرْ لِي . رواه أبو داود والنسائي وابن ماجه
اللّهمَّ اغْفِرْ لِي، وَارْحَمْنِي، وَاهْدِنِي، وَارْزُقْنِي . رواه أبو داود والترمذي وابن ماجه
رَبِّ اغْفِرْ لي، وَارْحَمْنِي، وأَجِرْنِي، وَارْفَعْنِي، وَارْزُقْنِي، وَاهْدِنِي . رواه البيهقي
( المجموع : 3 / 398 )
Setelah itu beliau melakukan sujud kedua sambil bertakbir, kemudian bangkit ( dari sujud ) dan berdiri untuk raka’at kedua dengan menekankan kedua tangannya pada tempat shalat.( HR. Bukhoriy - Muslim ) (صفة صلاة النبي : 153 )
Catatan :
Khusus pada waktu duduk diantara dua sujud diperbolehkan duduk dengan cara “ إِقْعَاء “ yaitu duduk pada kedua kaki yang ditegakkan dan ujung jari-jarinya dihadapkan kearah qiblat serta kedua lututnya diletakkan pada tempat shalat. ( HR. Muslim )
Duduk istirahat adalah duduk sejenak apabila akan berdiri untuk raka’at kedua atau raka’at keempat. Mengenai duduk istirahat ini para ulama berbeda pendapat. Sebagian para ulama berpendapat disunatkan berdasarkan hadits riwayat Bukhoriy dan yang lainnya. Sementara sebagian lainnya berpendapat sebaliknya berdasarkan hadits riwayat Bazzar. Dan sebagiannya lagi berpendapat disunatkan bagi orang yang sudah lemah, dan tidak disunatkan bagi orang yang masih kuat, dengan alasan bahwa Nabi saw melakukan duduk istirahatnya itu setelah beliau lanjut usia.
(المجموع : 3/ 404 )
oleh : K.H. Moch. Syihabudin Muhsin (Rohimahulloh)

0 people have left comments

Commentors on this Post-